Kenali Dampak dan Cara Mencegah Rubella Saat Hamil

Kenali Dampak dan Waktu terkena virus rubella, ada bermacam tanda-tanda yang bisa tampil, diantaranya timbulnya ruam merah di muka dan menebar ke semua badan, sakit di kepala, demam yang enteng (di bawah 38°C), hidung mampet, mata merah, dan ngilu persendian.

Jika Bumil rasakan tanda-tanda rubella, cepatlah kontrol diri ke dokter. Bila tidak diatasi dengan selekasnya, rubella dapat tingkatkan resiko berlangsungnya keguguran, bayi wafat dalam kandung, kelahiran prematur, sampai bayi lahir dengan keadaan cacat. Kenali Dampak dan

Bumil yang terkena virus ini pada trimester pertama kehamilan beresiko semakin tinggi untuk melahirkan anak dengan sindrom rubella bawaan atau congenital rubella syndrome.

Sindrom rubella bawaan bisa mengakibatkan bayi menanggung derita tuli, buta, abnormalitas jantung, masalah cendekiawan atau retardasi psikis, masalah tiroid, kerusakan otak, masalah tiroid, dan infeksi pada paru.
Langkah Menangani dan Menahan Campak Rubella
Untuk menganalisis infeksi rubella pada ibu hamil, dokter akan lakukan test darah. Bila hasil test darah mengatakan jika Bumil menanggung derita rubella, karena itu dokter akan merekomendasikan Bumil untuk istirahat yang cukup dan minum air putih yang banyak. Dokter akan memberi obat anti-bodi hyperimmune globulin untuk menantang virus.
Sebab tidak ada obat spesial yang bisa menahan kompleksitas penyakit rubella pada janin, karena itu penjagaan terhebat yang dapat dikerjakan ialah menghindari ibu hamil dari penyakit ini.
Langkah-langkah penjagaan yang dapat dikerjakan ialah:
1. Terima vaksin rubella atau MMR
Penyuntikan vaksin rubella memang tidak dianjurkan untuk dikerjakan waktu hamil. Karena itu, penyuntikan vaksin perlu dikerjakan saat sebelum hamil, yakni waktu berencana kehamilan.
2. Minta orang yang tinggal serumah untuk jalani vaksinasi MMR
Jika memungkinkannya, meminta orang yang tinggal serumah dengan Bumil untuk terima vaksin MMR. Langkah ini dikerjakan untuk menahan mereka terkena virus rubella dan menyebarkannya ke Bumil.
3. Jaga kebersihan
Selekasnya bersihkan tangan Bumil dengan sabun sesudah lakukan perkerjaan apa saja. Tidak boleh sentuh muka, khususnya hidung dan mulut, dengan tangan yang belum dicuci.
error: Content is protected !!